…. Spiritual Creativity ….

Kecerdasan adalah kunci dari kemajuan perkembangan kehidupan manusia. Kecerdasan yang menjadi ujung tombak bagi manusia dalam mendefinisikan suatu hal dan mengembangkannya dengan seksama agar memiliki nilai fungsi yang lebih dibandingkan sebelumnya. Kadar kecerdasan atau bisa disebut intelegensia dari seseorang  memiliki tolak ukur yang berbeda – beda. Bermula dari IQ kemudian munculnya EQ hingga diikuti dengan SQ atau kecerdasan spiritual.

Ada yang mengartikan bahwa kecerdasan spiritual itu sebagai kemampuan untuk tetap bahagia dalam situasi apapun tanpa bergantung pada situasinya. Bukan sekedar taat dalam beribadah saja, tapi lebih luas lagi. Seperti bagaimana kita bertingkah laku dan bersikap dalam kehidupan bermasyarakat, karena kecerdasan spiritual memiliki fungsi dan kepentingan yang sangat berkaitan dengan hubungan sosial sesama manusia.

Kecerdasan spiritual bisa meningkatkan kemampuan manusia dalam menyadari potensi yang mereka miliki. Ada kalanya dalam kekuatan yang mereka miliki menyimpan segudang asa, harapan, dan impian yang dpat diwujudkan menjadi sebuah ide yang brilian dan layak untuk direalisasikan dalam kehidupan nyata. Ide tersebut bisa menjadi sumbu kreativitas yang bisa memberikan perubahan dan dampak yang besar bagi manusia, bisa dilihat sebagaimana banyak penemuan yang telah dilakukan dari awal peradaban sampai sekarang mengerucut menjadi dinamika teknologi dalam perubahan yang berkelanjutan.

Disadur dari sebuah sumber, R jalaluddin Rakhmat menyebutkan bahwa ciri orang yang cerdas spiritual itu di antaranya adalah sangat senang untuk berbuat baik, menolong orang lain, sebagai bentuk yang dijalankan untuk menemukan tujuan hidupnya, menjadi pribadi memikul sebuah misi yang mulia dan bermanfaat serta berhubungan erat dengan sumber kekuatan di alam semesta (Tuhan atau apapun yang diyakini) dan punya sense of humor yang baik sebagai bentuk silaturahmi antar personal.

Kecerdasan spiritual menjadi awal dalam terbentuknya suatu karya yang indah dan mengekspresikan ide yang tercipta dari berbagai kreativitas dan inovasi dari suatu perwujudan sebuah cita rasa seni dan budaya nan aktraktif yang memiliki toleransi ke berbagai pihak dalam pemunculannya ke dunia nyata. Hasil karya cipta inilah yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan zaman yang berbasiskan kepada kreativitas dan inovasi.

Secara harfiah, spiritual bisa berarti kita merenungkan tentang proses penciptaan oleh Allah SWT.  Hal apa yang telah Allah SWT berikan dan hal apa yang telah diambil dari kehidupan kita. Proses tersebut akan membuat kita menyadari kehadiran Tuhan di sekitar kita dan untuk memberikan makna lebih dalam kehidupan sehari – hari. Hingga dapat disimpulkan salah satu ciri – ciri orang yang memiliki kecerdasan secara spiritual adalah bisa memberi makna dalam kehidupannya dan bermanfaat buat orang lain dalam pengabdiannya kepada Tuhan YME.

Pada bagiannya, sebuah kreativitas itu bisa menjadi pemicu untuk lahirnya bentuk kreativitas lain atau juga bisa membantu kita dalam mengatasi suatu masalah. Suatu problematika kehidupan adalah suatu hal yang wajar, dan bisa memiliki arti yang lebih bermakna jika proses penyelesaiannya dapat kita “nikmati” dengan baik sehingga beban hidup pun semakin ringan. Bisa dipraktekkan jika kita ada masalah, cobalah terima dengan ikhlas dan lapang dada, hadapi dengan senyuman, hal ini  dapat membuat masalah lebih mudah selesai dibandingkan jika kita berpikiran sempit dan negatif yang malah akan membuat masalah semakin ruwet. Jika hati kita bisa menerima segala keadaan, maka takkan ada amarah yang berkecamuk serta perasaan dendam. Kreativitas digabungkan dengan suatu disiplin ilmu yang berawal dari hati dapat mengelola emosi dan karakter kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Kekuatan dari sebuah kreativitas sangat membutuhkan kedisiplinan serta fokus pada detail. Hal tersebut merupakan awal mula dari bentuk diri yang kreatif dengan bersandar pada dasar, perhatian, keterampilan, dan kerja keras yang maksimal sebagai bentuk usaha kita. Sebagai contoh, seorang pengusaha antusias menulis sebuah rencana bisnis terinspirasi karena dengan memperoleh keahlian, pengalaman, dan pengetahuan yang dikombinasikan dengan intuisi, visi, dan cinta dari karyanya. Kekuatan dan kualitas dirilah yang akhirnya dapat membantu seseorang untuk dapat membantu meraih sesuatu yang mereka inginkan.

Di luar sana, banyak sekali kesalahan yang dibuat oleh manusia dalam menciptakan sesuatu. Hal yang sebenarnya membutuhkan kreatifitas dan kekuatan memaksa untuk menjadi hasil. Dari kesalahan-kesalahan tersebut, sebenarnya kita memperoleh pengalaman serta pelajaran untuk menciptakan yang lebih baik lagi. Tidak ada yang salah dengan membuat kesalahan karena yang paling penting adalah bagaimana kita belajar dari kesalahan tersebut.

Inovatif dan Kreatif adalah metode untuk melatih spiritual kita untuk jadi lebih baik. Jika kita tidak melakukannya maka energi yang ada dalam masing – masing jiwa kita akan berubah menjadi destruktif. Hidup kita akan jadi lebih bermakna jika bisa melibatkan berbagai macam unsur kreativitas dan inovasi dalam berbagai jenis kegiatan. Hidup dengan penuh tantangan akan meningkatkan kemampuan kita dalam menciptakan suatu proses kreatif menjadi momen yang menjadi titik balik dalam pembelajaran nyata. Berbagai macam tahap yang dapat dilewati antara lain bagaimana kita berusaha, mengimprovisasi, memperbaiki, melakukan inovasi, bahkan hingga akhirnya menemukan sesuatu yang berguna. Oleh karena itu, pilihlah mana yang baik dan mana yang buruk. Jadikan pengalaman sebagai pelajaran berharga dalam hidup ini dan wujudkan imajinasimu, dari hanya sebuah mimpi menjadi kenyataan dan juga hasil karya yang membahagiakan serta bermanfaat untuk banyak orang. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: