Tell me about the most important innovations in your…

Inovasi-inovasi yang paling penting dalam diri saya…??

Sebenarnya saya agak rancu dengan pertanyaan ini. Maksudnya apa yah? šŸ˜¦

Tentunya kalau menyangkut diri sendiri yakni lebih ke pengembangan diri. Karena pada dasarnya, pengertian inovasi itu sendiri adalah proses pengembangan suatu produk dengan memberikan nilai tambah (added value) pada produk tersebut sehingga mampu menghasilkan nilai jual lebih.

Dalam konteks yang berbeda, dari produk ke manusia sebagai objek inovasi, tentunya value yang ditambahkan berbeda juga. Dalam diri sendiri misalnya. Value added yang ditambahakan bisa berupa soft skills, attitude dan knowledge yang tersinergi bersama creativity. Proses perubahan sederhana yang terjadi adalah sebuah pembelajaran, misalnya di institusi pendidikan, seperti SBM ITB.

Contoh simpel dan standard-nya seperti itu, dengan menambahkan added value pada suatu objek tertentu dan setelah mengalami pemrosesan, menciptakan suatu produk baru yang memiliki added value dan juga siap berkompetisi.

Saya coba menambahkan suatu proses inovasi dalam diri saya, yakni melalui pemikiran. Di samping pengembangan diri, ternyata sesuatu yang tidak kita sadari, yakni pemikiran kita baik sadar maupun tidak, ternyata merupakan suatu proses inovasi.

Pemikiran adalah kunci utama terciptanya inovasi. Buah hasil dari pemikiran itu sendiri adalah ide.

 

Kapan ide itu muncul?

Salah satu cara yang ampuh untuk memunculkan ide-ide yang kreatif dan out of the box adalah dengan melakukan Brainstorming.

Brainstorming adalah proses pencarian ide dengan cara membuka pikiran sebebas-bebasnya, berpikir tanpa batas dan tidak menolak suatu ide. Lalu catat setiap ide yang terlintas tanpa ada pembatasan tertentu.

 

Creativity and Innovation = Diversification

Kreatifitas dan inovasi dapat tercipta karena adanya keberagaman. Sesuatu yang tidak ‘sama’ akan menimbulkan perbedaan. Berbeda bisa juga berarti kreatif, karena ia tidak seperti pada umumnya. (Nah loh??)

 

 

Mengacu pada pendapat Beth Webster dalam ā€œInnovation: we know we need it but how do we do itā€ (Harbridge Consulting Group: 1990), inovasi adalah menemukan atau mengubah materi pekerjaan atau cara menyelesaikan pekerjaan secara lebih baik.

 

Dengan begitu, inovasi sangatlah penting, terutama dalam diri saya. Dengan melakukan inovasi diri yang berkesinambungan atau terus-menerus, saya dapat menjadi pribadi yang memiliki added value dan juga mampu berkompetisi dan tidak tenggelam di era sekarang ini. Walaupun setiap inovasi memiliki resiko kegagalan, namun dibutuhkan manajemen yang baik dengan mengelola dan mengkombinasikan resiko yang ada sehingga kegagalan dapat diatasi ataupun diminimalisir.

“Be Creative in Solving Problem”

Dan Inovasi yang paling penting dalam diri saya adalah melalui pemikiran, yakni kemampuan melihat peluang/kesempatan untuk mengembangkan diri. Contohnya melihat peluang bisnis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: